Pages

Subscribe:

Senin, 28 Mei 2012

Stratifikasi Sosial


Stratifikasi social adalah pembedaan atau pengelompokkan para anggota masyarakat secara vertical/bertingkat. Menurut Pritim A. Sorokin, stratifikasi social adalah perbedaan penduduk masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat. Adanya stratifikasi social dalam hidup kita karena dalam hidup kita ada sesuatu yang harus dihargai yaitu harta, jabatan, pangkat, ilmu, keterampilan, dan lainnya. Kepemilikan terhadap sesuatu yang dihargai di masyarakat itu berbeda-beda. Ada yang sedikit, sedang, banyak, itu tergantung dari usaha, ikhtiar, dan nasib. Stratifikasi social sangat diperlukan untuk membantu masyarakat dalam menentukkan kelasnya. Dan supaya muncul motivasi dalam berusaha dan berdoa.
Stratifikasi social berbentuk piramida yang menunjukkan volemenya makin ke atas makin sedikit. Karena makin ke atas, rintangan dan tantangannya makin besar, baik dari segi ekonomi, kebudayaan, dan lain-lain.

Urban dan Rural Community (Kotaan dan Kampungan)
Urban community atau orang kota adalah orang yang mempunyai perilaku kotaan. Sedangkan Rural community adalah orang-orang yang mempunyai perilaku kampungan. Jadi yang menjadi acuan bukan dari tempat tinggalnya. Karena bisa saja orang yang tinggal di kampung, tapi memiliki perilaku kotaan, dan sebaliknya. Yang membedakan dari urban dan rural community adalah dari focus of interest yaitu pusat perhatian dalam memenuhi kebutuhan pokok dan ada nlai-nilai social di dalamnya. Artinya dia memikirkan bahwa apa yang dilakukannya dilihat, dinilai dan ditafsirkan oleh orang lain. Jika kita lihat, tidak sedikit orang terpelajar tapi berperilaku kampungan. Mengapa bisa demikian? Karena orang tersebut mengabaikan nilai-nilai social.
Ada juga yang disebut manusia modern. Orang modern adalah orang yang berfikir secara rasional, produktif, efien, efektif,  dan mempunyai style yang bagus dan baik.
Mahasiswa dalam hal ini harus termasuk pada upper class, urban community, dan masyarakat ilmiah, serta modern community.

0 komentar:

Posting Komentar