Pages

Subscribe:

Senin, 28 Mei 2012

Permasalahan Sosial


Jika kita perhatikan bagaimana keadaan pendidikan Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Berikut kondisi pendidikan Indonesia saat ini.
1.     Arah pendidikan kurang jelas
2.    Pendidian sebagai barang mahal
3.    Pendidikan kurang merata
4.    Penyelewengan dana yang cukup tinggi
5.    Kurang penghargaan terhadap guru atau dosen
6.    Kualitas dan kuantitas guru atau dosen yang kurang
7.    Pendidikan kepribadian kurang mendapat perhatian yang serius
8.    Mencetak tukang
Hal-hal tersebut disebabkan oleh adanya:
1.     Politisasi pendidikan,
2.    Sekularisasi pendidikan, dan
3.    Over spesialisasi
Sama halnya dengan kondisi pendidikan Indonesia yang memprihatinkan, kondisi masyarakat Indonesia pun memprihatinkan, yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi, modernisasi, dan sekularasi. Sikap masyarakat Indonesia saat ini di antaranya sebagai berikut.
1.     Egois
2.    Individualis
3.    Matrealistis
4.    Sekuler
5.    Hedonis
6.    Krisis akhlak
7.    Agama hanya dijadikan symbol
Terciptanya kondisi pendidikan dan kondisi masyarakat Indonesia tersebut, tak lepas dari masalah sosial yang ada di dalam pendidikan dan dalam masyarakat Indonesia. Apa yang dimaksud masalah? Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Masalah social bersangkutan dengan hubungan manusia di dalam kerangka bagian-bagian kebudayaan yang normatif. Munculnya masalah social karena ada tata kelakuan yang menyimpang dari masyarakat.
Ukuran masalah social dapat dibuat dengn membuat Indeks Simple Rates, yaitu laju gejala-gejala abnormal dalam masyarakat. Kemudian dengan Composit Indices, yaitu gabungan indeks-indeks dari bermacam-macam aspek yang mempunyai kaitan satu sama lain. Dan yang terakhir dengan Social Unrest (keresahan social).
Penyebab masalah social diklasifikasikan dalam empat kategori, yaitu:
1.     Factor ekonomis : kemiskinan, pengangguran, dan lain-lain
2.    Factor biologis : penyakit
3.    Factor psikologis : syaraf, bunuh diri
4.    Factor kebudayaan : perceraian, kejahatan
Dalam masalah social, ada yang disebut Manifest Sosial Problem, yaitu masalah yang timbul akibat terjadinya kepincangna-kepincangan (ketidaksesuaian antara norma-norma dan tindakan serta nilai-nilai yang ada dalam masyarakat) di masyarakat. Dan Latent Sosial Problem yaitu menyangkut hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai dalam masyarakat akan tetapi tidak diakui halnya (dibiarkan oleh masyarakat). Tata kelakuan yang menyimpang kemdian dibiarkan oleh masyarakat akan menjadi kebiasaan (habit), budaya (kultur), dan akhirnya menjadi mental dari masyarakat tersebut.
Dalam kerangka kerja studi social, kita dituntun menghubungkan beberapa bidang ilmu pengetahuan social sesuai dengan gejala dan masalah yang sedang kita telaah. Pendekatan ini dikenal dengan pendekatan multidisipliner (penyebab masalah-masalah yang ada dalam masyarakat) dan pendekatan interdisipliner (keterkaitan antara penyebab masalah yang satu dengan penyebab masalah yang lainnya).

0 komentar:

Posting Komentar