Pages

Subscribe:

Senin, 28 Mei 2012

Manusia sebagai Makhluk Berbudaya

Manusia tidak semata-mata makhluk biology saja. Tapi manusia juga merupakan makhluk berbudaya, makhluk social, makhluk ekonomi, makhluk politik, makhluk psikologi, makhluk hukum, dan lain-lain.
Makhluk biologi adalah mkhluk hidup yang membutuhkan kehidupan, seperti makan, minum, dan lain-lain. Manusia sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, kebenaran, keadilan, dan bertanggung jawab. Manusia sebagai makhluk social artinya manusia menyadari bahwa dirinya dinilai, dilihat, dan ditafsirkan oleh orang lain, sehingga manusia berusaha untuk tampil bagus dan baik dihadapan orang lain. Manusia sebagai makhluk ekonom artinya manusia selalu menghitung kerugian dan keuntungan dalam kehidupannya. Manusia sebagai makhluk politik artinya manusia tidak lepas dari usaha dan upaya (mempunyai strategi) mengajak orang lain supaya percaya padanya. Manusia sebagai makhluk psikologi artinya manusia memiliki perasaan untuk merasakan sesuatu. Manusia sebagai makhluk hukum artinya manusia selalu memerlukan aturan atau tata tertib.
Jika kita lihat, cara pemenehunan manusia dengan manusia itu berbeda. Karena dalam memenuhi kebutuhannya, manusia menggunakan akal untuk menciptakan kesejahteraan hidup. Lain halnya dengan binatang, cara pemenuhan kebutuhan antara binatang dengan binatang adalah sama, karena pola perilakunya hanya ditentukan oleh system organic biologi saja.

0 komentar:

Poskan Komentar